KASUS KVA

Posted by Unknown Minggu, 06 Januari 2013 1 komentar
KASUS KVA (Bitot Spot)
An. Ab, laki-laki, usia 6 tahun, BB 14 Kg, TB 108 Cm, LILA 15 cm, MRS di ruang perawatan kelas III RSUD dr. Saiful Anwar Malang, dengan keluhan utama demam, disertai diare, dengan manifestasi klinik KVA dengan tanda bitot spot (XIB). Ab masuk RS sudah dua hari ini, saat ini mengalami diare sebanyak 4 kali sehari, rewel, nafsu makan berkurang, dan demam. Riwayat penyakit dahulu : pasien sering mengeluhkan sakit pada matanya.
An. Ab adalah seorang siswa SD kelas satu, anak keempat dari lima bersaudara. Orangtua (ayah) bekerja sebagai buruh pada suatu pabrik rokok, dengan rata-rata penghasilan per bulan Rp. 900.000, dan ibu sebagai IRT.
Kebiasaan makan pasien sebelum MRS, ia makan utama sebanyak 2-3 kali sehari, tanpa sarapan pagi. Pasien tidak memiliki alergi dan pantangan makanan tertentu. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, pola makan pasien adalah sebagai berikut : Konsumsi nasi, 2-3 kali sehari @ ¾ gelas, lauk hewani (telur/ikan 1 kali sehari, @ 1 butir/1 ptg sedang, ayam 1-2 kali seminggu, @ 1 ptg sedang, lauk nabati (tempe/tahu, 1-2 kali sehari, @ 1ptg sedang), sayuran (biasanya mengkonsumsi kankung, bayam, rata-rata @ ¼ gelas/hari), buah (mangga, rambutan, tergantung musim, @ 1  kali hari).
Konsumsi makanan pasien ketika di RS : nafsu makan kurang baik, jarang menghabiskan makanan yang diberikan oleh RS, hasil recall konsumsi makan 24 jam pasien adalah : Energi 1297,9 kalori, protein 38,9 g, lemak 28 g, dan Kh 173 g, dan saat ini pasien diberikan diet TETP.
Hasil Pemeriksaan: Fisik : KU lemah, ditemukan bercak putih pada mata. Kesadaran CM (composmentis), Klinis : TD 110/70 mmHg, T 38°C, N 129x/mnt, Laboratorium : ,
Jenis Pemeriksaan
Hasil Pemeriksaan
Hb
Leukosit
LED
Kadar Vitamin A serum
9  g/dl
13.000 mm3
5 mm/jam
300 µg/l

Rencanakan diagnosis gizi dan terapi gizi pada kasus tersebut berdasarkan NCP !


Pembagian Mahasiswa :
Kelompok A : Bertilia Galuh, Baiq Lia A, Johriatul, Deky Ahya, Jabiati, Gairia A, Laili Miranti
Kelompok B : Baiq Rini, Cahya T, Anita Sari, Clara Salvatira, Meha Rusihana, Arindra, Baiq Eka,
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: KASUS KVA
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ninnarohmawati.blogspot.com/2013/01/kasus-kva.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Rizki f mengatakan...

halo kak, ada artikel lengkapnya

Posting Komentar

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of NUTRITION LOVERS.