KASUS DIABETES MELLITUS

Posted by Unknown Senin, 06 Januari 2014 0 komentar
An. SA, usia 10 tahun, BB 22 Kg, TB 127 cm, pasien mengalami penurunan BB (selama 2 minggu turun sebanyak 2 Kg), di ruang perawatan anak kelas I RSHS Bandung dengan diagnosis DM+KEP. MRS dengan keluhan utama badan lemas, disertai sering BAK (lebih dari 10x perhari) dan sering terbangun pada malam  hari karena lapar, keadaan ini terjadi sejak 3 minggu sebelum pasien MRS. Sebelumnya pasien pernah di rawat di RS Garut selama 12 hari dengan diagnosis DM, kemudian dirujuk di RSHS. Pasien mempunyai ayah dan seorang kakak yang menderita DM . Ayah pasien bekerja sebagai pegawai swasta di perusahaan makanan kaleng yang berpenghasilan Rp.1.800.000/bulan, dan ibu sebagai IRT.
Kebiasaan makan  pasien sebelum MRS, ia makan utama sebanyak 3-4 kali sehari. Minum SKM 1 gelas/hari, makanan selingan 2x/hari, berupa kue kering manis atau buah-buahan. Pasien tidak memiliki alergi dan pantangan makanan tertentu. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, pola makan pasien adalah sebagai berikut : Konsumsi nasi, 3-4 kali sehari @ ¾ gelas, lauk hewani (telur/ikan 1 kali sehari, @ 1 butir/1 ptg sedang, daging/ayam 1-2 kali sehari, @ 1 ptg sedang, jerohan 2-3 kali seminggu), lauk nabati (tempe/tahu, 1-2 kali sehari, @ 1ptg sedang), sayuran jarang dikonsumsi, pasien juga menyukai makanan kaleng, buah (apel, @ 2-3 kali).
Konsumsi makanan pasien ketika di RS : nafsu makan baik, kadang menghabiskan makanan yang diberikan oleh RS, hasil recall konsumsi makan 24 jam pasien adalah : Energi 1931,2 kcal, protein 56 g, lemak 44,5 g, dan Kh 314 g.
Hasil Pemeriksaan: Fisik : KU badan lemas, Kesadaran CM, Klinis : TD 110/70 mmHg, T 37°C, N 76x/mnt, RR 88x/mnt, Laboratorium :
Jenis Pemeriksaan
Hasil Pemeriksaan
Hematokrit
33%
Hb
GDS
GDP
10,7 g/dl
300 mg/dl
130 mg/dl

Rencanakan diagnosis gizi dan terapi gizi pada kasus tersebut berdasarkan NCP !
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: KASUS DIABETES MELLITUS
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ninnarohmawati.blogspot.com/2014/01/kasus-diabetes-mellitus.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of NUTRITION LOVERS.